11:02 PM
2

Mulai bosan dengan Android dan iOS yang kini terus mendominasi pasar? Empat sistem operasi potensial berikut bakal memberikan lebih banyak pilihan untuk konsumen.

Duopoli Android dan iOS semakin menggerus sistem operasi lainnya seperti BlackBerry 10 dan Windows Phone dengan hampir 92% dari pasar
 smartphone dunia.
Meskipun menguntungkan bagi sejumlah pihak, namun supremasi keduanya disebut tidak baik bagi perkembangan pasar secara keseluruhan.

Untuk menyaingi atau setidaknya dapat memberi penyegaran dari dominasi Android dan iOS, beberapa sistem operasi terbaru dan potensial siap bermunculan agar menawarkan pilihan yang lebih banyak untuk konsumen.

1. Mozilla - Firefox OS

Firefox OS adalah sistem operasi berbasis web dengan semua aplikasi dalam JavaScript. Konsep OS Firefox ini mirip dengan apa yang Google lakukan dengan Chromebook.

Saat ini OS Firefox hanya ditujukan pada perangkat 
entry-level dan menargetkan penggunaentry-level yang ingin beralih dari ponsel fitur ke smartphone terjangkau dengan menawarkan pengalaman web, email, maps dari Nokia yang lebih baik dari ponsel fitur.

Mozilla menyatakan bahwa semua aplikasi inti di OS Firefox tidak memerlukan koneksi internet, dan saat ini mereka memang menargetkan untuk pengguna smartphone murah dan terjangkau dengan menghadirkannya dalam balutan 
smartphone ZTE Open dan Alcatel Onetouch Fire.
OS Firefox akan menawarkan banyak pilihan di industri smartphone sehingga pengguna diharapkan tidak melulu tergantung pada Android.

Bagi Mozilla, ukuran sebuah keberhasilan pada OS Firefox saat ini bukanlah bagaimana mendominasi industri, tetapi bagaimana agar OS Firefox dapat terus berkembang.

2. Ubuntu Phone

Canonical mengembangkan OS Ubuntu yang sepertinya bakal dinamai Ubuntu Phone atau Ubuntu Touch. Kini versi Beta OS ini sudah bisa diunduh dan digunakan dismartphone Google Nexus atau tablet. Versi lengkap dari OS ini diharapkan dapat hadir pada Oktober 2013.

Ubuntu bisa beroperasi pada perangkat 
enty-level hingga high-end. Docking pada smartphone high-end bisa mengubahnya menjadi Ubuntu PC, sebuah fitur yang sangat berguna.

Pengembangan aplikasinya mudah karena berbasis Linux, dan ditambah Ubuntu mendukung HTML5 Web Apps yang menjadi standar untuk pengembang. Ubuntu juga memiliki tampilan antarmuka yang dikendalikan dengan gestur.

Namun hingga saat ini kehadirannya belum dapat dipastikan, dan belum ada produsen yang secara resmi mengumumkan kemitraan dengan Ubuntu.

3. Jolla - Sailfish OS

Jolla adalah perusahaan yang dibangun oleh individu berpengalaman, banyak di antaranya adalah mantan karyawan Nokia.

Smartphone Jolla pertama sekaligus OS Sailfish lahir setelah 'kematian' proyek MeeGo yang sempat digunakan Nokia dalam Nokia N9.

Karena hal tersebut, Jolla saat ini sudah memiliki basis penggunanya sendiri. Jolla menyadari bahwa Sailfish pasti awalnya mendapat citra buruk setelah 'kematian' proyek Meego. Maka dari itu Jolla lebih dulu menyasar pasar China dan negara berkembang lainnya.

OS Sailfish banyak dipuji pengembang ketika diluncurkan dan disebut sangat mendukung kehadirannya. Jolla mengatakan bahwa OS ini akan cocok dengan aplikasi Android, meskipun belum diketahui seberapa banyak dan bagaimana cara mengunduhnya.
Smartphone Jolla pertama sangat terjangkau dengan fitur yang dapat menyaingi smartphonedengan harga yang lebih tinggi yang bakal hadir sebelum akhir 2013.


2 comments: