5:20 PM
1

Tim Badan Hisab Rukyat (BHR) Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Jawa Timur yang melakukan Rukyatul Hilal atau pengamatan bulan untuk menetapkan 1 Ramadhan di Pelabuhan Semen Indonesia Desa Sucorejo, Kecamatan Jenu Senin sore (08/07/2013).
“Seperti yang telah kita ketahui bersama dari pengamatan yang kami lakukan tidak terlihat adanya hilal,” kata Kepala Kementrian Agama Kabupaten Tuban Leksono.
Sebelumnya BHR Tuban memperkirakan Hilal akan tampak selama kurang lebih 2 menit saat matahari terbenam pada pukul 17.30.03 WIB dan berakhir pada 17:32:19 WIB. Pengamatan dilakukan dengan teropong Theodolit milik BMKG.
Dengan tidak terlihatnya hilal ini, menurut Leksono hampir bisa dipastikan bahwa 1 Ramadhan jatuh pada hari Rabu (10/07/2013) karena secara teori memang 1 Romadhon jatuh pada hari Rabu, “Hasil dari rukyatul Hilal ini akan kita serahkan ke Kementerian Agama RI, dan kita tunggung pengumuman dari pusat nanti malam ” kata Leksono.
Pengamatan ini dilakukan oleh 100 orang dari berbagai organisasi masyarakat Islam seperti Nahdlatul Ulama, Pengadilan Agama, Kepolisian, Majelis Ulama Indonesia, Kementrian Agama serta beberapa perwakilan Pondok Pesantren di Tuban. 

1 comments:

  1. Salam buat kemenag tuban, memang sulit untuk melihat hilal, apalagi di daerah kami yang sangat sulit melihat hilal, dari dulu hinga sekarang kemenag karimun belhmpernah melihat hilal.

    ReplyDelete